OJK turut mengoptimalkan kewenangan di pasal 30 Undang-undang No. 21/2011 yang mengatur bahwa otoritas dapat mengajukan gugatan untuk memperoleh kembali harta kekayaan milik…
Sepanjang 2021, 17 BPSK di Jabar mendapatkan 289 pengaduan terkait sengketa konsumen dengan jumlah kasus mencapai 169. Pengaduan rata-rata terkait dengan perbankan, leasing,…
Dengan semakin banyaknya jumlah pengaduan konsumen dan masyarakat, OJK menempatkan pengawasan market conduct sebagai salah satu program prioritas yang harus diperkuat.
Hal tersebut disampaikan Anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara dalam Seminar Nasional bertajuk “Penguatan Pengawasan Market…
Kementerian Perdagangan menemukan sebagian besar depot air minum (DAM) tak memenuhi standar higienitas. Terdapat indikasi pelanggaran terkait perlindungan konsumen.
Perlu adanya koordinasi dan konsolidasi antar lembaga pemerintah dan non-pemerintah dalam menangani perlindungan data pribadi dan perlindungan konsumen.
Saat ini gugatan konsumen terhadap produsen otomotif jamak terjadi. Namun ada hal penting yang harus dilakukan agar gugatan tidak melayang dengan sia-sia.
Standar ini mengadopsi pendekatan proses untuk menetapkan, menerapkan, operasi, pemantauan, pengkajian, memelihara, dan meningkatkan keamanan informasi pada perusahaan.
Pemerintah melalui Keputusan Presiden No. 13/2012, memutuskan setiap tanggal 20 April diperingati sebagai “Hari Konsumen Nasional” atau Harkonas. Keputusan tersebut…
Penguatan perlindungan konsumen merupakan tanggung jawab bersama dari seluruh otoritas dan regulator terkait, sehingga diperlukan sinergi antar kementerian dan lembaga guna…