Kepala Disperindag Jabar Iendra Sofyan mengatakan dari BPSK yang tersebar di 17 kota dan kabupaten di Jabar menangani sudah 863 kasus selama tahun 2022.
Per 30 Desember 2022, OJK telah menerima sebanyak 315.783 layanan, termasuk 14.764 pengaduan, 92 pengaduan berindikasi pelanggaran, dan 3.018 sengketa.
LBH Konsumen Jakarta mendukung somasi yang dilayangkan oleh Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) kepada BPOM soal pernyataan aman terhadap 133 obat sirop.
Hingga September 2022, OJK mencatat menerima 10.109 pengaduan masyarakat terkait jasa keuangan, sekitar 50 persen terkait leasing, pinjol hingga asuransi.
Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) Kementerian Perdagangan berkomitmen mewujudkan perlindungan konsumen dan tertib niaga di dalam negeri.
Faktor utama keberhasilan dari regulasi tersebut berada pada kesadaran konsumen. Oleh karena itu OJK perlu membangkitkan kesadaran konsumen untuk berusaha melindungi dirinya…
Perlindungan konsumen dan masyarakat di sektor jasa keuangan diperlukan guna mengejar perkembangan teknologi dan inovasi yang cepat dan dinamis di sektor jasa keuangan