Kuat dugaan truk kelebihan muatan hingga sulit dikendalikan ketika naik menuju kapal. Akibatnya pun fatal, dua orang dari sembilan penumpang truk tewas tenggelam.
Maraknya praktek ODOL berdampak terhadap kondisi lalu lintas seperti kerusakan jalan dan menurunnya keselamatan lalu lintas sehingga memicu potensi kecelakaan di jalan
Sebelumnya Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno menilai 81 Unit Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB)…
Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menilai perlu terobosan di level Undang-Undang untuk mengatasi permasalahan pelanggaran truk dengan muatan berlebih atau over dimension…
Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengaku tidak yakin target pemerintah untuk Indonesia bebas kendaraan over dimension over loading atau zero ODOL pada 1 Januari 2023…
WIM dapat membantu mendeteksi truk overload over dimension (ODOL) dengan mengetahui berat kendaraan, kecepatan kendaraan, jumlah sumbu, jarak per sumbu, dan berat per sumbu.
Reiner Tandiono, Technical Warranty Dept Head IAMI, menjelaskan langkah untuk menciptakan ekosistem bebas ODOL dengan selalu menjalankan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT)…
Sejumlah sektor industri mengusulkan kebijakan zero ODOL yang rencananya diterapkan pada 2023 diundur hingga 2025 guna mempersiapkan serta mendesain ulang armada pengangkutan…
Anggota Bidang Kebijakan Publik Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Agung Utomo mengatakan penerapan Zero ODOL yang akan berlaku pada 2023 atau 2025 sesuai…
Proberindo mengeklaim industri sebenarnya tidak perlu menunggu hingga 2023 atau 2025 karena mulai hari ini pun aturan pengangkutan sudah selalu ditegakkan.
Kemenperin meminta agar kebijakan Zero ODOL ditelaah lebih lanjut sebagai upaya untuk menjaga iklim usaha yang kondusif sambil tetap menjaga kepentingan umum lainnya.