Penelitian Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak) Kemendikbudristek menemukan indikasi penurunan hasil pembelajaran sebesar 40 sampai 56 persen untuk kelas 1 dan 2 SD.
Tidak ada jalan pintas untuk mendongkrak nilai AN. Pun tidak ada gunanya meningkatkan skor itu seperti menggelar bimbingan belajar (bimbel) untuk siswa yang justru menghamburkan…
AN merupakan evaluasi untuk mendapatkan data agregat kondisi belajar di suatu sekolah. Dengan demikian, siswa tidak perlu bimbingan belajar dan mengeluarkan uang untuk meningkatkan…
Tidak ada konsekuensi nilai AN terhadap individu siswa, guru, kepala sekolah. Pasalnya, nilai AN merupakan agregat dan bertujuan untuk memetakan kondisi pembelajaran di setiap…
AN dirancang tidak hanya sebagai pengganti UN dan Ujian Sekolah berstandar nasional, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.
Surat edaran tersebut diterbitkan Mendikbud di Jakarta pada 1 Februari 2021. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan.
Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Pelaksanaan AN merupakan pemetaan dan potret kondisi pendidikan yang komprehensif ada saat ini. Pelaksanaan AN terdiri dari asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan…
Hasil AN diharapkan tidak menjadi ukuran siswa atau sekolah berkualitas atau tidak. Menurutnya, lebih lanjut Kemendikbud harus memberikan penjelasan lebih mendalam terkait…