Penjualan Hyundai Ioniq 5 diklaim tidak terganggu adanya rencana kebijakan pemberian subsidi mobil listrik ataupun insentif yang dipatok berlaku pada 20 Maret.
Insentif ataupun subsidi untuk bus listrik dijatah sebanyak 138 unit pada tahun ini. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) masih berpikir untuk investasi.
Bus listrik Mobil Anak Bangsa atau MAB memang telah mengklaim memiliki TKDN tembus 40 persen. Hanya saja, belum ada catatan resmi terkait hal tersebut.
Selain bebas Pajak Penjualan Barang Mewah atau PPnBM, pemerintah menolkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk kendaraan listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Pemerintah menjatah 35.900 mobil listrik bakal mendapatkan subsidi ataupun insentif pada tahun ini. Sebaliknya, Toyota masih bergeming terhadap iming-iming.
Berbeda dengan subsidi motor listrik, insentif bagi mobil listrik belum diungkap secara detail. Wuling Air ev dan Hyundai Ionig 5 prioritas menikmati insentif.