Adanya upaya repositioning empty container seolah membantu pemerintah padahal harga pasar di Indonesia masih tinggi dibanding di luar yang selisih berkisar US$8.000.
Sejumlah pelaku industri mengeluhkan kendala ketersediaan kontainer yang terbatas dan kenaikan biaya pengapalan telah membatasi pertumbuhan produksi ekspor.
GPEI menilai maraknya praktik over flag (perpindahan bendera kapal) dari kapal kontainer Indonesia lalu disewakan ke luar negeri membuat ongkos angkot domestik ikut naik.
Hampir dapat dipastikan, dunia menutup tahun 2021, dan tentu saja perayaaan Natal dan Tahun Baru, dalam suasana ‘kiamat kontainer. Istilah ini digunakan oleh sebuah portal…
Untuk kota-kota strategis dengan volume kontainer yang cukup besar seperti Makassar terjadi kenaikan antara 30-80 persen dan Medan antara 30-60 persen.
Pemerintah telah melakukan pendataan mengenai kebutuhan ruang kapal sampai ke tingkat perusahaan ekspor. Hal ini dilakukan dalam rangka sinkronisasi dengan jadwal pengapalan…
Krisis peti kemas global yang menyulut gangguan proses logistik maritim di seluruh pelabuhan besar internasional sejak pertengahan tahun lalu, berdampak sistemis terhadap…
Sudah nyaris 2 tahun dunia bergelut melawan pandemi Covid-19 yang mengguncang perekonomian global. Dalam rentang waktu itu pula, sektor logistik ikut terkena ‘wabah’ yang…
Indonesian National Shipowners Association (INSA) menilai kenaikan biaya pengapalan domestik masih di level yang wajar di tengah melonjaknya permintaan jelang persiapan akhir…
Kalangan pengusaha komoditas pangan dan makanan olahan terpaksa bersiap menaikkan harga barang 5%—10% untuk mengompensasi biaya pengapalan peti kemas antarpulau yang menggelembung…