Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Mandiri Institute, data Mandiri Spending Index menunjukkan tingkat belanja masyarakat pada Ramadan 2022 meningkat 154,3 persen dibandingkan…
Secara umum, pakar pemasaran menilai, selera kaum milenial dalam membeli produk fesyen sudah tidak terlalu eksploratif. Mereka lebih memilih produk fesyen sesuai dengan kebutuhannya.…
Kelompok milenial memiliki keunikan dalam membeli produk elektronik. Dalam memilih produk gawai, misalnya, biasanya kelompok milenial lebih fokus pada fitur dan kegunaan…
Sudah berulang kali Menteri Keuangan Sri Mulyani kesal dengan pemerintah daerah. Dia menyayangkan turunnya kinerja belanja pemerintah daerah tersebut karena anggaran yang…
BPS menyatakan pergerakan mobilitas masyarakat yang diolah google mobility pada kuartal awal tahun ini menggambarkan mobilitas terbaik sepanjang pandemi.
Hasil riset Kantar Sustainability Foundational Study, juga menemukan bahwa konsumen Indonesia paling bersedia menggunakan / membeli kemasan / produk yang dapat digunakan…
Pendemi berdampak besar terhadap pola pengeluaran masyarakat Indonesia. Simak perubahan pola pengeluaran masyarakat dari pesta hingga biaya kesehatan di sini.
Pengeluaran per kapita masyarakat untuk pesta dan resepsi anjlok ke level terendah. Sementara itu, pengeluaran untuk kesehatan naik. Simak datanya di sini.
Berdasarkan catatan Mandiri Institute, pemulihan belanja tidak terjadi secara merata di seluruh lapisan masyarakat. Pemulihan yang lebih cepat terjadi di kelas menengah dan…