Secara keseluruhan, penjualan mobil listrik termasuk teknologi hybrid hingga Mei tahun ini memiliki pangsa pasar 8,39% dari volume penjualan mobil domestik.
Teknologi mobil listrik terutama yang telah beredar di Indonesia mempunyai segmen masing-masing, dari berbasis baterai (BEH), hybrid (HEV), hingga PHEV.
Mobil hybrid atau hibrida kini semakin mempunyai tempat di pasar otomotif Indonesia. Innova Zenix Hybrid hingga Wuling Almaz Hybrid menawarkan efisiensi BBM.
Penjualan kendaraan hibrida di Amerika Serikat (AS) sekitar 106.000 pada bulan Februari, atau naik 54% selama 2024. Toyota dan Honda mendominasi pasar.
Penjualan mobil listrik di sejumlah negara berteknologi tinggi malah mengalami perlambatan belakangan, karena infrastruktur hingga preferensi konsumen.
Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan saat ini pemerintah tengah fokus mengembangkan ekosistem mobil listrik, termasuk hingga industri baterai.
Pemerintah bersiap memberikan insentif pajak terhadap mobil hybrid yang diproduksi lokal, tetapi saat bersamaan tarif PPnBM mobil tersebut bisa terkerek.
Mobil hybrid semakin dicari konsumen seiring dengan efisiensi energi dan teknologi ramah lingkungan yang disematkan pabrikan seperti Toyota, Honda, dan Wuling.