Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Prabowo Singgung Lagi Soal G20: Jangan Bangga Kalau Rakyat Kita Miskin!

Prabowo meminta jajarannya tidak bangga dengan status G20 kalau rakyat masih banyak yang miskin.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 24 Oktober 2024  |  09:22 WIB
Presiden RI 2024/2029 Prabowo Subianto. Dok BPMI Setpres RI
Presiden RI 2024/2029 Prabowo Subianto. Dok BPMI Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Prabowo Subianto menggelar Rapat Kabinet Paripurna usai dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 pada hari Rabu, (23/10/2024) kemarin.

Dalam rapat tersebut, Prabowo memberikan sejumlah arahan mulai dari  dorongan untuk menjaga persatuan, sejumlah program prioritas dalam 5 tahun ke depan, hingga target Indonesia untuk mencapai swasembada pangan pada akhir periodenya.

Prabowo menjelaskan alasan memiliki kabinet yang gemuk yang berjumlah hingga 48 kementerian dan niat untuk membawa semuanya ke Magelang, Jawa Tengah dalam memberikan pelatihan agar semua bisa berjalan satu visi dan satu tujuan.

Tak hanya itu, Prabowo juga menyinggung kembali supaya jajarannya tidak terlalu membanggakan diri dengan status negara dengan size ekonomi terbesar ke 16 di dunia. 

"Janganlah kita bangga menjadi anggota G20, kalau rakyat kita masih banyak yang miskin, masih banyak yang lapar," ujar Prabowo.

Dalam catatan Bisnis, Prabowo bukan kali ini menyinggung tentang status Indonesia sebagai negara G20. Saat pelantikan tanggal 20 lalu, Prabowo juga menyinggung hal yang sama.

“Kita merasa bangga bahwa kita diterima di kalangan G20, kita merasa bangga bahwa kita disebut ekonomi ke 16 terbesar di dunia, tapi apakah kita sungguh-sungguh paham dan melihat gambaran utuh dari keadaan kita?” ujarnya.

Lebih lanjut, Prabowo menyoroti bahwa masih banyak rakyat dan anak-anak yang kurang gizi, rakyat tidak mendapatkan pekerjaan yang baik, dan juga banyak sekolah-sekolah yang tak terurus.

Menurut dia, semua pihak harus berani melihat kenyataan dan menyelesaikan masalah tersebut. Prabowo turut menyebut boleh bangga dengan prestasi yang ada, tetapi perlu diingat jangan terlalu cepat puas dan menutup mata serta hati terhadap penderitaan yang ada.

“Kita tidak boleh memiliki sikap seperti burung unta, kalau melihat sesuatu yang tidak enak memasukkan kepalanya ke dalam tanah, mari kita menatap ancaman dan bahaya dengan gagah marilah kita menghadapi kesulitan dengan berani,” katanya.

Dengan demikian, Prabowo mengajak semua pihak untuk bersatu guna mencari solusi-solusi jalan keluar dari ancaman dan bahaya tersebut.

Sebagai informasi pada 7 Juli 2024, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa pemerintah sejak 2014 telah menurunkan tingkat kemiskinan dari dua digit ke level satu digit. 

Dia mengatakan APBN telah berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini, tingkat kemiskinan pada 2014 yang sebesar 11,25% berhasil diturunkan ke level single digit sebesar 9,36% pada 2023. 

“Kemiskinan ekstrem juga telah menurun signifikan dari 6,18% pada 2014 menjadi 1,12% di tahun 2023,” katanya dalam Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (4/7/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Prabowo Subianto Prabowo Gibran Presiden Prabowo Subianto Kabinet Prabowo-Gibran
Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top