Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Soal Nama Kertanegara, Sumitro, Diponegoro dan Kediaman Presiden Prabowo

Rumah Kertanegara memiliki sejarah bagi Prabowo, nama ini merujuk kepada nama leluhur dan salah satu peninggalan Sumitro Djojohadikusumo.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 21 Oktober 2024  |  16:30 WIB
Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto didampingi sejumlah Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju menyampaikan pidato politik usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto didampingi sejumlah Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju menyampaikan pidato politik usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kediaman Presiden Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, selalu sibuk sepekan terakhir. Para tokoh, politikus, akademisi, pengusaha, hingga tamu negara hilir mudik menemui Prabowo yang kini telah dilantik sebagai presiden ke 8 Indonesia, Minggu (20/10/2024).

Rumah Kertanegara adalah sebuah melting point bagi berbagai kalangan untuk membahas segala hal mulai dari politik praktis hingga proses seleksi anggota Kabinet Merah Putih yang akan membantu Prabowo sebagai presiden selama 5 tahun ke depan.

Adapun Rumah Kertanegara sangat spesial bagi Prabowo. Rumah ini menyimpan kisah pait getir Prabowo dalam merebut kursi kepresidenan. Sementara itu, secara historis, rumah Kertanegara adalah peninggalan ayah Prabowo, Sumitro Djojohadikusumo.

Kertanegara jika mengacu kepada sejarah adalah nama raja terakhir Singasari. Raja Kertanegara sangat ekspansif. Dia adalah pencetus ekspedisi Pamalayu, sebuah misi dari Singasari untuk membendung pengaruh Dinasti Yuan yang berkuasa di dataran China. 

Selain itu, Kertanegara juga bisa mengacu kepada leluhur Prabowo Subianto, Tumenggung Kertanegara. Tumenggung Kertanegara adalah salah satu panglima perang Diponegoro. Sejarawan Peter Carey dalam film 'Sang Patriot' mengungkapkan bahwa Prabowo adalah keturunan Tumenggung Kertanegara atau yang kemudian dikenal sebagai Tumenggung Banyakwide.

Di bagian lain film tersebut, adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo, membenarkan tentang relasi antara Temanggung Kertanegara dengan keluarganya. "Pengeran Diponegoro dibantu oleh panglima-panglima salah satunya nenek moyang kami. Salah satu namanya Raden Tumenggung Kertanegara yang juga dinamakan eyang Tumenggung Banyakwide."

Adapun, keluarga Prabowo memiliki sepak terjang yang cukup signifikan dalam perjalanan sejarah Indonesia. Kakek Prabowo adalah Margono Djojohadikoesumo. Margono adalah Ketua Dewan Petimbangan Agung Sementara pada awal-awal kemerdekaan. Dia juga adalah salah satu pendiri Bank Negara Indonesia alias BNI.

Selain itu, ayah Prabowo adalah Sumitro Djojohadikusumo. Sumitro adalah politikus Partai Sosialis Indonesia (PSI), partai yang waktu itu identik dengan mantan Perdana Menteri Sutan Sjahrir. Sumitro juga pernah menjabat sebagai menteri di era Sukarno dan era Soeharto.

Sedangkan 2 pamannya yakni Soebijanto Djojohadikusumo dan Soejono Djojohadikusumo adalah pejuang yang gugur dalam Pertempuran Lengkong di Serpong, Tangerang pada tahun 1946.

Prabowo, dalam berbagai kesempatan pernah mengungkapkan mengenai alasan kata Subianto di tengah namanya. “Paman saya namanya Subianto. Itulah nama yang saya sandang sekarang,” kata Prabowo dalam acara penganugerahan warga kehormatan Brimob beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Prabowo Subianto Prabowo Gibran Rumah Kertanegara Margono Djojohadikoesoemo Kabinet Prabowo-Gibran
Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top