Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Profil Giring Ganesha, Eks Vokalis Nidji yang Kini Jadi Wakil Menteri

Profil Giring Ganesha, Wamen Kebudayaan pendamping Fadli Zon yang baru saja dilantik Presiden Prabowo
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 21 Oktober 2024  |  11:40 WIB
Profil Giring Ganesha, Eks Vokalis Nidji yang Kini Jadi Wakil Menteri. Politisi PSI Giring Ganesha menyapa wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jakarta, Selasa (15/10/2024). Bisnis - Himawan L Nugraha
Profil Giring Ganesha, Eks Vokalis Nidji yang Kini Jadi Wakil Menteri. Politisi PSI Giring Ganesha menyapa wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jakarta, Selasa (15/10/2024). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Kiprah Giring Ganesha, atau yang sering dikenal dengan Giring 'Nidji' di dunia politik bakal makin matang usai menjadi Wakil Menteri Kebudayaan di Kabinet Merah Putih besutan Presiden Prabowo Subianto. Giring akan bekerja mendampingi Menteri Kebudayaan Fadli Zon.

Lahir di Jakarta pada 14 Juli 1983, Giring merupakan anak dari jurnalis foto, Djumaryo Imam Muhni, yang pernah mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Seroja pada 1978.

Giring menempuh pendidikan di SMA Negeri 34 Jakarta dan lulus pada 2002, kemudian melanjutkan pendidikan di program studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina namun mengambil cuti pada 2005.

Namun, lantaran fokus bermusik, Giring tak menyelesaikan kuliahnya hingga pada 2017, dia kembali berkuliah di Universitas Terbuka dan meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi pada 2023.

Saat cuti kuliah, dia bersama band-nya, Nidji, mengeluarkan album pertamanya, Breakthru', yang membuat namanya terkenal, terutama dengan lagu-lagunya yang juga naik daun seperti "Sudah", "Hapus Aku", "Kau dan Aku", dan "Disco Lazy Time".

Selanjutnya, karier bermusiknya makin berkembang hingga banyak mengisi soundtrack film seperti Laskar Pelangi, hingga film 5Cm, Supernova, dan lainnya.

Selain berkiprah di dunia musik, Giring juga sempat menjajal dunia akting, berperan sebagai Sudja dalam film Sang Pencerah, hingga menjadi pengisi suara utama untuk film animasi Paddle Pop Kombatei the Movie.

Namun, pada 2017, dia mulai membanting setir, meninggalkan karier bermusiknya dan terjun ke dunia politik. Pada saat itu, dia bergabung ke PSI yang masih dipimpin oleh Grace Natalie.

Melalui partai tersebut, Giring juga semlat mendaftarkan diri maju menjadi Anggota DPR RI pada 2019. Namun, meski suara yang didapat cukup banyak, Giring gagal maju karena PSI tidak memenuhi ambang batas parlemen.

Meski sempat gagal, Giring tetap fokus di dunia politik hingga ditunjuk menjadi Ketua Umum PSI pada periode 2019-2024.

Sebagai Ketum PSI, namanya juga sempat ramai karena hampir maju sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024.

Kini, meski sudah tak menjadi Ketua Umum, Giring masih aktif berkiprah bersama PSI dan telah dilantik sebagai Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada September 2023, saat posisinya sebagai ketua umum digantikan oleh Kaesang.

Di luar dunia politik, Giring aktif mengurus organisasi e-sport hingga ditunjuk menjadi Presiden Indonesia Esport Primier League (IESPL) yang menggelar pertandingan untuk sejumlah tim olahraga elektronik Indonesia, dengan total hadiah lebih dari Rp1 miliar.

Pada 2020, Giring bahkan sempat ditunjuk menjadi Ketua Pelaksana Piala Menpora E-sport yang menjadi kegiatan e-sport terbesar pertama di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Aprianus Doni Tolok

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top