Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Profil Hanif Faisol Nurofiq, Menteri Lingkungan Hidup Pilihan Prabowo

Profil Hanif Faisol Nurofiq, Menteri Lingkungan Hidup/Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup pilihan Presiden Prabowo Subianto
Fahmi Ahmad Burhan
Fahmi Ahmad Burhan - Bisnis.com 21 Oktober 2024  |  09:59 WIB
Presiden RI Prabowo Subianto (kiri) didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka (kanan) mengumumkan nama-nama menteri yang akan masuk dalam kabinetnya setelah dilantik sebagai Presiden ke-8 RI menggantikan Joko Widodo, Minggu (20/10). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/Spt - pri.
Presiden RI Prabowo Subianto (kiri) didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka (kanan) mengumumkan nama-nama menteri yang akan masuk dalam kabinetnya setelah dilantik sebagai Presiden ke-8 RI menggantikan Joko Widodo, Minggu (20/10). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/Spt - pri.

Bisnis.com, JAKARTA — Hanif Faisol Nurofiq telah diumumkan oleh Presiden RI Prabowo Subianto sebagai Menteri Lingkungan Hidup/Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup pada Minggu (20/10/2024)

Dia pun akan dilantik oleh Prabowo pada hari ini, Senin (21/10/2024) sebagai menteri di Kabinet Merah Putih. Sebelumnya, nama Hanif mencuat kala dipanggil Prabowo ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta, hari ini, Senin (14/10/2024) dan turut mengikuti pembekalan di Hambalang, Bogor setelahnya. 

Hanif sendiri merupakan pejabat yang berkarir merangkak dari bawah hingga kemudian menjadi menteri. Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Dia masuk di KLHK pusat yang dipimpin oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar sejak 2020. Saat itu, ia diangkat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK. Hingga dua tahun kemudian ia diangkat sebagai Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK.

Namun, sebelumnya ia telah malang melintang menjalani karir di dinas terkait lingkungan hidup serta kehutanan di Kalimantan.

Pria kelahiran Bojonegoro, 21 Maret 1971 ini mengawali karir sebagai program forest ranger atau wirawana KLHK di Kalimantan Selatan pada 1993. 

Karirnya terus menanjak hingga menjadi Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tanah Bumbu sejak 2014 hingga 2016. Lalu, ia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan pada 2016 hingga 2020.

Dia telah menempuh pendidikan S1 dari Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan. Kemudian, Hanif menempuh S2 di kampus yang sama. Lalu, Hanif menempuh pendidikan S3 di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Aprianus Doni Tolok

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top