Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Orang Dekat Prabowo di Ring 1 Istana: Prasetyo Hadi, Mayor Teddy, AM Putranto

Prabowo masukan orang-orang kepercayaannya di ring 1 istana. Mereka adalah Mayor Teddy, Prasetyo Hadi, hingga AM Putranto.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 21 Oktober 2024  |  05:25 WIB
Mayor Inf Teddy Indra Wijaya, ajudan Prabowo Subianto  -  tangkapan layar YouTube Bisnis.com
Mayor Inf Teddy Indra Wijaya, ajudan Prabowo Subianto - tangkapan layar YouTube Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Prabowo Subianto menempatkan orang-orang kepercayaannya di lingkaran ring satu istana. Mereka menempati jabatan-jabatan strategis yang setiap hari berinteraksi dengan Prabowo.

Ada tiga orang yang ditugaskan Prabowo untuk mengurusi aktivitas di istana. Mereka antara lain Prasetyo Hadi, AM Putranto, hingga Teddy Indra Wijaya

Dalam catatan Bisnis, Prasetyo Hadi telah ditunjuk sebagai Menteri Sekretaris Negara alias Mensesneg. Prasetyo lahir di Ngawi 1979 lalu. Dia merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

Prasetyo dikenal sebagai anggota DPR dari fraksi Gerindra dan sering terlihat bersama dengan Prabowo sebelum pelantikan Presiden, termasuk ketika Prabowo menemui Presiden ke 7 Jokowi di Solo beberapa waktu lalu.

Sementara itu, AM Prasetyo ditunjuk sebagai Kepala Staf Presiden alias KSP. AM Putranto adalah mantan Komandan Kodiklat TNI AD. Dia adalah teman satu angkatan dari mantan Panglima TNI Andika Perkasa. Menariknya, Prabowo telah mengutus Putranto untuk memimpin tim pemenangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen di Pilgub Jateng.

Sementara itu, Prabowo juga menunjuk Mayor Teddy Indra Jaya sebagai Menteri Sekretaris Kabinet atau Seskab. Teddy adalah prajurit Kopassus. Dia juga adalah orang yang selama ini melekat dan menjaga Prabowo di sejumlah kesempatan. 

Pengumuman Menteri 

Sebelumnya, Presiden Prabowo resmi mengumumkan susunan Kabinet Merah Putih yang terdiri dari jajaran menteri, dan kepala badan setingkat menteri pada Minggu malam (20/10/2024).

Para tokoh-tokoh calon menteri tersebut sebelumnya sudah mulai berdatangan ke Istana Merdeka pada Minggu malam. Terdapat sejumlah tokoh mulai dari Erick Thohir, Sri Mulyani, hingga Bahlil Lahadahlia.

Berdasarkan catatan Bisnis, terdapat 53 tokoh yang menjadi menteri kabinet Prabowo-Gibran. Mayoritas adalah wajah-wajah baru. Sisanya adalah menteri yang pernah menjabat di Kabinet Indonesia Maju atau KIM Joko Widodo (Jokowi).

"Selamat malam saudara-saudara sekalian. Sebagaimana telah saya umumkan bahwa setelah saya dilantik pada 20 Oktober 2024, malam harinya saya akan umumkan kabinet pemerintah Republik Indonesia periode 2024 2029. Dengan kesepakatan para ketua umum koalisi kami, kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih," ujar Prabowo di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2024).

Sebelumnya, Prabowo telah menyaring sejumlah nama untuk masuk dalam bursa calon menteri kabinet pemerintahannya. Nama yang tersaring tersebut telah dipanggil untuk menemui Prabowo di kediaman pribadi di Kertanegara, pada Senin (14/10/2024).

Prabowo mengatakan telah cukup lama memantau para calon menterinya, berdiskusi, dan menyatakan keinginannya menjadikan mereka sebagai menteri, wakil menteri, dan kepala badan di pemerintahan ke depan.

“Sebelum saya undang ke sini sebenarnya mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya. Sebetulnya, hari ini hanya mengkonfirmasi. Saya konfirmasi, saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka. Alhamdulillah, semuanya menyatakan sanggup,” kata Prabowo Subianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top