Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Veronica Tan jadi Wakil Menteri PPPA, Punya Bisnis dan Yayasan untuk Anak-Anak

Veronica Tan diumumkan menduduki jabatan sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Minggu (20/10/2024).
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 20 Oktober 2024  |  23:31 WIB
Veronica Tan tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Veronica Tan tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan nama-nama menteri dan wakil menteri. Veronica Tan menjadi salah satu yang masuk dalam daftar wakil menteri usai sebelumnya dikabarkan menjadi calon menteri.

"[Nomor] 54, Veronica Tan Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," demikian pengumuman yang disampaikan oleh Prabowo pada Minggu (20/10/2024) malam.

Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama tersebut sebelumnya dikabarkan menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) usai hadir di kediaman Prabowo di Kertanegara pada Senin (14/10/2024). Pada malam ini, nama Menteri PPPA yang diumumkan oleh presiden yaitu Arifatul Choiri Fauzi.

Adapun, Veronica sebelumnya telah dikenal sebagai seorang pengusaha, sosiopreneur, dan filantropis. Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, Veronica lahir pada Desember 1977 di Medan, Sumatra Utara. Tercatat, saat ini dia merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta. 

Terkait pendidikannya, diketahui usai menamatkan SMA, Veronica Tan pindah ke Jakarta dan mengambil jurusan arsitektur di Universitas Pelita Harapan.

Salah satu yayasan non-profit yang didirikannya adalah Yayasan Waroeng Imaji, yang bertujuan utama untuk membina dan menyalurkan minat dan bakat anak-anak rusun DKI Jakarta dalam bidang seni budaya, keterampilan, dan meningkatkan literasi. 

“Yayasan Waroeng Imaji yang digagas oleh Ibu Veronica Tan beserta beberapa orang rekannya yang awalnya merasa terpanggil untuk turut membina, mengayomi, serta menghibur anak-anak,” tulis keterangan resmi yang dikutip Selasa (15/10/2024). 

Adapun, visi dari Yayasan Waroeng Imaji adalah membangun karakter yang baik pada anak sedini mungkin agar dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang berkompeten baik secara mental, intelektual maupun keterampilan. 

Selanjutnya, misi dari Yayasan Waroeng Imaji yakni menyelenggarakan berbagai kegiatan yang positif untuk anak-anak, terutama di bidang seni budaya seperti seni suara, drama, seni musik, dan sebagainya.

Lebih lanjut, mengutip dari Instagram pribadinya, @veronicatan_official, dirinya memiliki sejumlah portofolio bisnis yang beragam, yakni mencakup investasi di sektor layanan kesehatan yang bernama LoveCare hingga bisnis daging premium bernama Alpha Agro Indonesia.

Apabila dirinci, PT Hati Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan LoveCare merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani kebutuhan jasa profesional kesehatan, seperti perawat dan terapis. 

“Lahir dari pengalaman pribadi serta keinginan untuk melayani dan membuat perubahan di sektor layanan kesehatan, perusahaan ini didirikan pada tahun 2019 di Jakarta oleh Veronica Tan, Annette Anhar, Susan Nio, Dr.Venita Eng, dan Renold Sutadi,” tulis manajemen dalam situs Lovecare.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top