Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Xanana Hadiri Pelantikan Prabowo: Dulu Musuh Bebuyutan, Kini Saling Berangkulan

Prabowo dan Xanana dahulu adalah musuh bebuyutan, kini mereka tampak saling berangkulan.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 20 Oktober 2024  |  13:40 WIB
Presiden Prabowo Subianto (kedua kiri) berpelukan dengan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao (kiri) usai sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga
Presiden Prabowo Subianto (kedua kiri) berpelukan dengan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao (kiri) usai sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA – Prabowo Subianto resmi menjabat sebagai presiden ke 8 Indonesia. Putra ekonom, Sumitro Djojohadikusumo itu menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang jabatannya berakhir pada hari ini, Minggu (20/10/2024).

Ada momen menarik saat Prabowo menyambut tamu kenegaraan yang hadir dalam pelantikannya. Tampak Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, hadir. Prabowo yang berdiri langsung memberikan hormat dan membuka tangannya dan segera memeluk Xanana.

Prabowo dan Xanana adalah dua tokoh penting bagi Indonesia dan Timor Leste. Keduanya telah memiliki sejarah hubungan yang panjang. Prabowo adalah mantan komando pasukan khusus (Kopassus) yang terjun perang ke Timor Leste. Sementara itu, Xanana adalah tokoh gerilyawan Fretilin yang melawan pasukan Indonesia dalam operasi Seroja pada dekade 1970-an lalu.

Xanana dan Prabowo

Xanana sendiri pernah dipenjara oleh pemerintah Soeharto pada tahun 1992. Dia kemudian dipenjara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang. Xanana kemudian dibebaskan setelah Soeharto tumbang. Dia kemudian menjabat sebagai presiden pada tahun 2002. Xanana kemudian terpilih menjadi Perdana Menteri pada 2023 lalu.

Sementara itu, Prabowo diketahui memiliki karier moncer usai berperang di Timor Leste. Prabowo pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal alias Danjen Kopassus dan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat alias Pangkostrad. Namun nasib Prabowo tidak semujur Xanana karena dicopot jabatannya pasca reformasi.

Selain itu, jika Xanana berhasil menjabat sebagai presiden begitu Timor Leste merdeka, Prabowo harus berjibaku menghadapi berbagai macam pemilu hingga akhirnya dilantik sebagai presiden pada hari ini.

Ucapkan Selamat

Sebelumnya, Xanana Gusmao, telah memberi ucapan selamat kepada presiden terpilih Prabowo Subianto yang memenangkan pemilihan umum pada Februari 2024 lalu.

Ucapan tersebut dia ungkapkan saat memberikan pidato kunci dalam acara High Level Plenary Session dalam Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak atau High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024 di Bali, Senin (2/9/2024).

Gusmao pertama mengucapkan selamat kepada Indonesia karena kesuksesannya menyelenggarakan Pilpres 2024 dengan lancar. Pada Pilpres tersebut, pasangan Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Raka mengalahkan dua pasangan capres-cawapres lain, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Penyelenggaraan pemilu tersebut memperkokoh posisi Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terhebat di dunia," ujar Xanana.

Selanjutnya, Gusmao pun memberi ucapan selamat kepada Prabowo. Dia mengatakan, kemenangan Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu menunjukkan kepercayaan masyarakat Indonesia untuk mengeksekusi visinya untuk membangun Indonesia.

Selain itu, dirinya juga yakin Prabowo akan menjadi pemimpin yang baik bagi masyarakat Indonesia. "Kemenangannya [Prabowo] sudah menunjukkan masyarakat Indonesia percaya kepadanya dengan visinya untuk RI," kata Gusmao.

Sambut Tamu Negara

Adapun Presiden Prabowo Subianto menyambut kehadiran para tamu kenegaraan dari berbagai negara yang datang ke acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2024).

Prabowo berangkat ke Gedung MPR/DPR didampingi putranya, Didit Prabowo yang berangkat dari Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan sekitar pukul 08.55 WIB menggunakan Toyota Alphard berkelir putih.

Setelah tiba di Gedung MPR/DPR, terlihat Prabowo menyambut kehadiran sejumlah tamu kenegaraan dari berbagai negara, di antaranya yaitu dari Jepang, Yordania, Mesir, Arab, Kanada, hingga Prancis.

Beberapa tamu kenegaraan yang hadir di antaranya yaitu mantan Menteri Luar Negeri Jepang, Komura Masahiko, utusan khusus dari Prancis, Francois Corbin, hingga utusan Kanada, Ian McKay. 

Para tamu kenegaraan itu tiba di Kompleks Parlemen, Senayan menggunakan sejumlah mobil mewah yang telah disiapkan oleh Kementerian Sekretariat Negara, di antaranya yaitu Mercedes-Benz S 450, BMW i5, Toyota bZ4x hingga Toyota Camry Hybrid.

Kedatangan para tamu negara itu lengkap diiringi pengawalan dari Korlantas Polri yang menggunakan Hyundai Ioniq 5, beserta personel kepolisian yang menggunakan motor alias voorijder.

Mobil Mewah

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Bisnis di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat pada Rabu (16/10/2024), setidaknya ada ratusan unit kendaraan yang terparkir dan akan digunakan oleh tamu kenegaraan. Adapun, beberapa di antaranya merupakan mobil mewah yang harganya fantastis.

Sederet unit mobil mewah yang terpantau di antaranya yakni merek asal Jerman seperti Mercedes-Benz S 450 yang harganya dibanderol Rp2,9 miliar per unit, lalu ada juga BMW i5 yang seharga Rp2,17 miliar.

Selanjutnya, terlihat beberapa unit model mobil mewah dari PT Toyota Astra Motor (TAM), yakni Toyota bZ4X seharga Rp1,19 miliar, Alphard (Rp1,4 miliar), Camry Hybrid (Rp945,4 juta), dan Fortuner 2,8 GR Sport (Rp761,7 juta).

Tak ketinggalan, ada juga Hyundai Ioniq 5 yang harganya dibanderol Rp713 juta, yang disulap menjadi mobil aparat kepolisian untuk mengamankan tamu negara pada saat pelantikan presiden dan wapres.

Adapun, pada tiap unit mobil itu tertera nama-nama negara yang akan menghadiri pelantikan, di antaranya Malaysia, Vietnam, Singapura, Korea, Uni Emirat Arab, hingga Eropa. 

Bahkan, pada bagian pelat nomor masing-masing mobil itu juga tertera jabatan dari tamu kenegaraan yang akan hadir seperti menteri, anggota dewan, sampai protokoler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Prabowo Subianto Jokowi Xanana Gusmao Presiden Prabowo Subianto
Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top