Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Jokowi 'Berangkat' ke Jakarta Naik Esemka, Pulang ke Solo Diantar Alphard

Jokowi berangkat ke Jakarta pada 2012 di tengah pamor Esemka yang naik daun. Sementara setelah purna tugas dia akan diantar memakai Alphard.
Akbar Maulana al Ishaqi
Akbar Maulana al Ishaqi - Bisnis.com 20 Oktober 2024  |  11:34 WIB
Istana Kepresidenan telah menyiapkan mobil Toyota Alphard bernomor polisi AD 1 JKW berwarna hitam untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) pulang ke Solo. JIBI - Akbar Evandio
Istana Kepresidenan telah menyiapkan mobil Toyota Alphard bernomor polisi AD 1 JKW berwarna hitam untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) pulang ke Solo. JIBI - Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden ke 7 Jokowi Widodo (Jokowi) mengakhiri jabatannya pada hari ini, Minggu (20/10/2024). Jokowi telah memimpin Indonesia selama 10 tahun. Dia telah menorehkan berbagai legacy salah satunya pembangunan insfratruktur.

Dalam catatan Bisnis, Jokowi menjabat sebagai presiden setelah terlebih dahulu menjabat sebagai Wali Kota Solo atau Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta. Salah satu momen menarik ketika Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Pada waktu itu, Jokowi memilih menggunakan mobil Esemka, mobil buatan anak negeri yang dia gunakan sebagai mobil dinas ketika menjabat sebagai Wali Kota Surakarta periode 2005 hingga 2012.

Bila mengenang kedekatan Jokowi dengan Esemka dulu, merek mobil ini menjadi salah satu merek mobil yang sempat digembar-gemborkan oleh Jokowi sebagai mobil nasional.

Pengenalan Esemka itu dilakukan saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali kota Surakarta. Selama 2005 sampai 2012, Jokowi menjadikan SUV Esemka bernama Rajawali sebagai mobil dinasnya.

Pada 2012 pun, saat Jokowi mengikuti Pilkada DKI Jakarta, mobil tersebut sempat akan digunakan untuk perjalanan dari Solo ke Jakarta. Menariknya setelah Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, pamor Esemka pun seakan memudar. 

Mobil tersebut baru kembali hadir pada 2019 bersama Jokowi , ketika peresmian pabrik Esemka. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meyakini bahwa produk mobil buatan lokal ini dapat memberikan memberikan multiplier effect besar kepada perekonomian nasional. 

Naik Alphard ke Halim

Adapun hari ini, Minggu (20/10/2024) Jokowi akan mengakhiri periode keduanya sebagai Presiden Indonesia, digantikan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Usai pelantikan, Jokowi akan kembali ke Solo. Menariknya, Jokowi pulang tidak lagi menggunakan mobil yang mengantarkannya menjadi Presiden Indonesia tersebut.

Pada Jumat (18/10/2024), Istana Kepresidenan melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah mempersiapkan beberapa opsi kendaraan baik untuk jalur darat maupun udara untuk mengantar Jokowi pulang ke kampung halaman.

Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana mengatakan untuk jalur darat, Istana telah menyiapkan mobil Toyota Alphard bernomor polisi AD 1 JKW berwarna hitam.

Sedangkan, untuk skenario kepulangan Jokowi via jalur udara telah dipersiapkan pesawat komersil untuk membawa Jokowi pulang melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

"Kami siapkan semua skenario. Kalau beliau berkenaan melalui udara, melalui pesawat komersil disiapkan. Namun kalau beliau akan melalui darat, kami juga akan siapkan dari kesekretariatan sekitar itu," kata Ari kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Ari menekankan bahwa Negara juga akan memberikan fasilitas pengawalan Paspampres kepada Presiden asal Surakarta itu beserta keluarga usai menjadi pimpinan negara.

Bahkan, tim protokol istana juga telah mempersiapkan aktivitas Jokowi saat tiba di Solo hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Mobil Esemka esemka wali kota solo Prabowo Subianto Pelantikan Prabowo-Gibran
Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top