Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Pelantikan Presiden dari Masa ke Masa: Sukarno, Soeharto, hingga Prabowo

Sejarah Indonesia selalu diliputi oleh jatuh bangun kekuasaan, pelantikan presiden pun berlangsung dalam berbagai macam situasi. Berikut sejarahnya:
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 20 Oktober 2024  |  07:37 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto (tengah) berdoa ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha - nym.
Presiden terpilih Prabowo Subianto (tengah) berdoa ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha - nym.

Setelah Reformasi

Gus Dur, Megawati, SBY, Jokowi, dan Prabowo

Gus Dur menjadi presiden setelah mengalahkan Megawati Soekarnoputri dalam votting yang berlangsung di MPR pada tahun 1999. Sebelum pemilihan presiden, proses transisi politik diawali dengan pelaksanaan Pemilu 1998. 

Berita terpilihnya Gus Dur

Pemilihan umum diselenggarakan pada  Juni 1999. PDIP tampil sebagai pemenang dengan perolehan suara 33,7%. Sementara itu diperingkat kedua ada Golkar dengan 26%, PPP 12,6%, PKB 11%, dan PAN 7,4%.

Kendati memenangkan Pemilu, namun Megawati gagal menjadi presiden. Ricklefs (2008) mengungkap kakalahan Megawati dipicu oleh sejumlah aspek salah satunya adalah tidak adanya manuver politik untuk membentuk koalisi dalam pertarungan di MPR. Pada akhirnya Gus Dur terpilih sebagai presiden.

Namun demikian, usia Gus Dur sebagai presiden hanya berlangsung 21 bulan. Kali ini sebuah koalisi di DPR mulai berupaya mendongkel kekuasaan Gus Dur. Pada pertengahan tahun 2001 pemerintahan Gus Dur jatuh. MPR kemudian memilih Megawati Soekarnoputri sebagai presiden.

Megawati Soekarnoputri

Proses transformasi pemerintahan mulai dilakukan ketika Megawati menjabat mulai dari pembentukan KPK, Mahkamah Konstitusi, hingga pelaksanaan Pemilihan Umum alias Pemilu secara langsung, yang kemudian melahirkan beberapa pemimpin yakni Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY yang memimpin dua periode dan Jokowi yang juga 10 tahun menjabat sebagai presiden. 

SBY dan Jokowi

Adapun pada hari ini, rakyat Indonesia akan menyaksikan pelantikan presiden ke 8, Prabowo Subianto. Prabowo adalah klan politik lama. Dia adalah cucu Margono Djojohadikusumo dan putra dari Sumitro Djojohadikusumo. Pelantikan Prabowo akan berlangsung di gedung parlemen Senayan pada hari ini, Minggu (20/10/2024).

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Prabowo Subianto Jokowi megawati megawati soekarnoputri gus dur sukarno soeharto habibie bj habibie
Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top