Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Geger Julukan Mulyono Menggema Sampai ke Media Internasional

Nama Mulyono ternyata sudah sampai di media internasional. Mulyono sendiri belakangan dikaitkan dengan Presiden Joko Widodo.
Hesti Puji Lestari
Hesti Puji Lestari - Bisnis.com 16 September 2024  |  11:57 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya kepada awak media di Pasar Soponyono, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada Jumat, 6 September 2024. Foto: BPMI Setpres - Rusman
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya kepada awak media di Pasar Soponyono, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada Jumat, 6 September 2024. Foto: BPMI Setpres - Rusman

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Mulyono ternyata sudah sampai di media internasional. Mulyono sendiri belakangan dikaitkan dengan Presiden Joko Widodo.

Mulyono merupakan nama kecil Jokowi. Bukan isapan jempol semata, Jokowi sendiri pernah membenarkan bahwa nama kecilnya adalah Mulyono.

Seperti dilansir dari unggahan YouTube viral yang tayang 18 September 2023, Jokowi mengakui dirinya memang memiliki nama kecil Mulyono.

"Apakah benar Pak Jokowi memiliki nama lain Mulyono?" tanya pembawa acara Retno Pinasti.

"Iya betul. Waktu kecil. Lahir saya diberi nama Mulyono," jawab Jokowi.

Menggema sampai dunia internasional

Media South China Morning Post menulis sebuah artikel berjudul "From ‘New Hope’ to ‘Mulyono’: how power grabs threaten Widodo’s legacy in Indonesia".

"Presiden yang dulu populer kini menghadapi reaksi keras karena tuduhan membangun dinasti yang merusak komitmennya terhadap demokrasi," tulis deskripsi mereka.

Sesuai dengan judulnya, artikel tersebut membahas tentang bagaimana manuver Jokowi jelang akhir masa pemerintahannya.

SCMP menulis jika Jokowi mendapatkan nama baru dari rakyat Indonesia jelang lengser. Namun nama ini dimaksudnya untuk "mempermalukan".

"Kini, menjelang akhir masa jabatan kedua dan terakhirnya, banyak orang Indonesia mulai memanggilnya dengan nama lahirnya (Mulyono) untuk “mempermalukannya”, kata Ian Wilson, sosiolog politik di Pusat Penelitian Indo-Pasifik Universitas Murdoch di Perth seperti yang ditulis SCMP.

Selain itu, SCMP juga menjelaskan tentang bagaimana upaya Jokowi untuk memperkuat pengaruh politik keluarganya sebelum ia turun tahta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

viral Jokowi Kaesang Kaesang Pangarep Gibran Rakabuming Raka
Editor : Hesti Puji Lestari

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top