Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Adu Riwayat Pendidikan Rocky Gerung dan Relawan Jokowi Silfester Matutina

Rocky Gerung dan relawan Jokowi Silfester Matutina terlibat ribut-ribut dalam sebuah acara di TV swasta Rabu, 4 September 2024
Hesti Puji Lestari
Hesti Puji Lestari - Bisnis.com 05 September 2024  |  17:15 WIB
Adu Riwayat Pendidikan Rocky Gerung dan Silfester Matutina
Adu Riwayat Pendidikan Rocky Gerung dan Silfester Matutina

Riwayat Pendidikan Rocky Gerung

Di sisi lain, Rocky Gerung bukan nama asing di kancah pendidikan Indonesia. Filsuf kenamaan tanah air ini sudah sering diundang untuk mengisi acara kampus-kampus ternama di tanah air.

Jika dilihat dari riwayat pendidikan, Rocky Gerung lahir 20 Januari 1959 merupakan lulusan jurusan ilmu filsafat Universitas Indonesia (UI).

Ia pertama kali masuk ke Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Saat itu tergabung dalam Fakultas Ilmu-ilmu Sosial.

Akan tetapi, Rocky tidak menyelesaikan kuliah formalnya tersebut. Justru, Rocky lulus sebagai Sarjana Sastra dari Jurusan Ilmu Filsafat.

Mesk sempat tak menyelesaikan kuliah, namun di dunia pendidikan, peran Rocky Gerung nyata. Ia merupakan salah satu pendiri dari Setara Institute dan fellow pada Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) 2005.

Melansir dari laman resmi Setara Institute, organisasi ini didirikan guna mendedikasikan ide bahwa setiap orang harus diperlakukan sama sementara menghormati keberagaman, mengutamakan solidaritas dan menjunjung tinggi martabat manusia.

Pengajar di UI

Selain itu, Rocky Gerung juga tercatat pernah mengajar di UI meski tak memiliki gelar profesor. Ia mengajar di salah satu perguruan tinggi ternama itu selama 15 tahun.

Aktris Dian Sastro menjadi salah satu mahasiswa bimbingan skripsi Rocky Gerung. Dian pernah curhat jika Rocky Gerung merupakan tipe pembimbing skripsi yang perfeksionis.

Rocky menjadi dosen tetap hingga awal 2015. Tetapi, dia harus berhenti mengajar karena adanya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015.

Dalam Undang-Undang tersebut, syarat untuk menjadi seorang dosen minimal harus menyelesaikan pendidikan S2 atau mempunyai gelar magister. Sedangkan, saat itu Rocky hanya bergelar sarjana.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

viral rocky gerung Silfester Matutina Jokowi
Editor : Hesti Puji Lestari

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top