Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Terungkap, Ini Alasan Paus Fransiskus Datang ke Indonesia

Pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus, sudah tiba di Indonesia pada Selasa 3 September 2024 siang WIB. Mengapa Paus Fransiskus datang ke Indonesia?
Hesti Puji Lestari
Hesti Puji Lestari - Bisnis.com 03 September 2024  |  13:38 WIB
Paus Fransiskus tiba untuk audiensi umum mingguan di Aula Paulus VI di Vatikan. REUTERS - Yara Nardi
Paus Fransiskus tiba untuk audiensi umum mingguan di Aula Paulus VI di Vatikan. REUTERS - Yara Nardi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus, sudah tiba di Indonesia pada Selasa 3 September 2024 siang WIB. Mengapa Paus Fransiskus datang ke Indonesia?

Beberapa hal yang mendapat sorotan netizen di media sosial yakni keputusan Paus untuk berkunjung dengan pesawat komersil, menginap di Kedubes Vatikan dan dijemput mobil Innova Zenix.

"Paus memilih mobil biasa, bukan mobil mewah, karena ia seorang yang sangat sederhana. Ia menjalankan apa yang diyakini," ujar Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Anthonius Gregorius kepada Bisnis, Selasa (3/9/2024).

Lantas, mengapa Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia?

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas pernah mengatakan bahwa kunjungan Paus Fransiskus menjadi simbol persahabatan dan dialog antar umat beragama di Indonesia.

"Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dianggap sebagai momentum penting untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Vatikan dan menjadikan Indonesia sebagai barometer kehidupan beragama yang rukun dan damai," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/7/2024).

Yaqut berharap, Paus Fransiskus bisa menginspirasi semua pihak bahwa setiap agama mengajarkan kasih sayang, termasuk kasih sayang antar umat manusia yang merupakan mahluk ciptaan Tuhan.

Seperti diketahui, Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura pada 2-13 September 2024.

Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, yaitu pada 3 sampai 6 September 2024.
 
Kemudian Paus melanjutkan kunjungan ke Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo pada 6-9 September 2024, Dili (Timor Leste) dari 9-11 September 2024 dan Singapura dari 11-13 September 2024.
 
Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia pada 3 September 2024 siang. Lalu, keesokan harinya atau pada 4 September 2024, pemimpin umat Katolik sedunia tersebut dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.
 
Kemudian, pada 5 September 2024 Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta, dan dilanjutkan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

viral Paus Fransiskus Paus Fransiskus di Jakarta katolik gereja katolik
Editor : Hesti Puji Lestari

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top