Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Dibangun Seharga Rp335,2 Miliar, Begini Kemegahan Taman Kusuma Bangsa di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Taman Kusuma Bangsa atau Memorial Park di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Senin (12/8/2024).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 13 Agustus 2024  |  08:39 WIB
Taman Kusuma Bangsa di IKN yang diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (12/8/2024) - Kementerian PUPR
Taman Kusuma Bangsa di IKN yang diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (12/8/2024) - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Taman Kusuma Bangsa atau Memorial Park di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Senin (12/8/2024).

Taman tersebut akan menjadi simbol penghormatan kepada para pahlawan dan pendiri bangsa di IKN.

"Dalam rangka memberikan penghormatan kepada para pahlawan, para pejuang negara, utamanya pendiri bangsa Bapak Soekarno dan Bung Hatta, sore ini akan kita resmikan Taman Kusuma Bangsa," kata Presiden Jokowi.

Taman Kusuma Bangsa di IKN Nusantara

Adapun, Taman Kusuma Bangsa dibangun dengan konsep monumental yang menggambarkan perjuangan panjang kemerdekaan bangsa Indonesia yang diwujudkan dalam patung pahlawan proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta dengan sayap burung garuda setinggi 17 meter.

Pembangunannya dilakukan sejak Januari 2024 dan rampung pada Agustus 2024 dengan biaya Rp335,2 miliar. Kawasan Taman Kusuma Bangsa memiliki luas 1.915 m2 yang terdiri dari area plaza, Sayap Pelindung Nusantara, patung Soekarno-Hatta, Api Abadi, dan lanskap.

Taman Kusuma Bangsa di IKN Nusantara

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan Taman Kusuma Bangsa terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara yang akan menjadi point of view di IKN yang mampu menarik perhatian masyarakat serta para tamu negara yang berkunjung ke IKN.

Taman ini juga akan dimanfaatkan untuk pelaksanaan renungan suci dalam rangka peringatan HUT ke-79 RI.

"Karena di sini belum ada makam pahlawan, sehingga kita membuat Taman Kusuma Bangsa ini sebagai tempat untuk melakukan renungan suci. Di sini ada juga tiang bendera setinggi 79 meter yang sudah mendapat rekor MURI yang tertinggi di Indonesia, bahkan mungkin di dunia," kata Diana.

Taman Kusuma Bangsa di IKN Nusantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi IKN Kementerian PUPR Menteri PUPR pupr
Editor : Muhammad Ridwan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top