Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Peran Rocky Gerung di Balik Medali Emas Panjat Tebing Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Nama Rocky Gerung menjadi bahan perbincangan saat atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 09 Agustus 2024  |  10:45 WIB
Rocky Gerung usai pelantikan Pengprov FPTI Papua Barat Daya di Hotel Vega, Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (18/4/24) - FPTI
Rocky Gerung usai pelantikan Pengprov FPTI Papua Barat Daya di Hotel Vega, Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (18/4/24) - FPTI

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Rocky Gerung menjadi bahan perbincangan saat atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Video ucapan terima kasih Rocky Gerung pun ramai dibagikan warganet di media sosial. Dalam video itu, Rocky menyatakan apresiasi terhadap warga Indonesia yang telah mendukung para kontingen asal Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Tidak hanya itu, Rocky Gerung menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang juga telah mendukung penuh para atlet.

"Terima kasih pak Menpora, terima kasih pak Jokowi, dan NOC. Semua hal yang harus kita ucapkan adalah ini adalah prestasi membahagiakan Indonesia dan Pak Prabowo akan memelihara semangat ini sampai 2029 dan kita ketemu lagi di Olimpiade Los Angeles," ujar Rocky Gerung dalam video yang diunggah akun media sosial Tumbuh Institute, Jumat (9/8/2024).

Lantas, apa saja keterlibatan Rocky Gerung dalam kemajuan panjat tebing Tanah Air?

Rocky Gerung tergabung menjadi salah satu Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

Dalam stuktur kepengurusan FPTI periode 2023-2027, Rocky Gerung didapuk menjadi Wakil Ketua Bidang Panjat Tebing Alam dan Rekreasi.

Dalam laman resmi FPTI disebutkan bahwa Rocky Gerung saat ini aktif untuk mengkampanyekan cabor olahraga panjat tebing ke seantero Indonesia.

Pada Olimpiade Paris 2024, Rocky bersama dengan Ketua Umum FPTI turut mendampingi para atlet untuk berlaga memperbutkan medali.

Medali Emas Panjat Tebing Indonesia

Veddriq Leonardo, satu-satunya atlet panjat tebing speed putra Indonesia yang lolos ke perempat final, akhirnya berhasil menyumbangkan medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 pada Kamis sore, (08/08/2024) waktu Indonesia Barat.

Veddriq memastikan dirinya menjadi juara pertama dan berhak mendapatkan medali emas setelah mengalahkan lawannya Wu Peng atlet asal Cina di final dengan waktu 4,75 detik mengalahkan lawannya yang hanya berhasil mencatatakan 4,77 detik.

Perjuangan Veddriq mendapatkan medali emas dimulai dengan mengalahkan atlet asal tuan tumah di perempat final dengan waktu 4,88 detik yang membuatnya dirinya lolos ke semi final.

Di semi final, Veddriq semakin menggila. Ia menuntaskan babak tersebut dengan catatan waktu 4,78 detik mengalahkan lawannya Alipour Alireza dari Iran yang hanya mencatakan waktu 4,84 detik. Hasil tersebut membuatnya dirinya melaju ke final.

Tidak berhenti di situ, Veddriq yang sempat menyamai rekor dunia tercepat milik Samuel Watson asal USA, menunjukkan kemampuan terbaiknya di babak akhir tersebut sehingga memastikan dirinya meraih medali emas mengalahkan lawannya Wu Peng asal Cina dengan waktu terbaiknya 4,75 detik.

Perolehan medali emas tersebut membuatnya menjadi atlet pertama Indonesia yang berhasil menyumbangkan medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rocky gerung panjat tebing Olimpiade Paris 2024 Veddriq Leonardo
Editor : Muhammad Ridwan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top