Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

10 Arti Mimpi Ular Menurut Islam dan Primbon Jawa

Beberapa masyarakat percaya mimpi merupakan pertanda akan sesuatu, termasuk mimpi tentang ular. Berikut arti mimpi ular menurut Islam dan Primbon Jawa.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 30 Juli 2024  |  16:40 WIB
Arti mimpi tentang ular menurut Islam dan Primbon Jawa. Ilustrasi seseorang sedang tidur.
Arti mimpi tentang ular menurut Islam dan Primbon Jawa. Ilustrasi seseorang sedang tidur.

Bisnis.com, JAKARTA - Mimpi tentang ular menurut pandangan Islam seringkali dianggap sebagai pertanda atau pesan tertentu. Arti mimpi ular menurut Islam dapat menjadi pertanda baik maupun peringatan akan bahaya. 

Contohnya jika Anda mimpi melihat banyak ular maka bisa diartikan sebagai pertanda umur panjang. Sedangkan jika Anda bermimpi menangkap ular maka artinya Anda akan mendapatkan rezeki.

Namun, beberapa tafsir juga menyebutkan bahwa mimpi tentang ular kobra bisa menjadi peringatan akan adanya ancaman yang tak terduga dalam kehidupan. Dengan memahami berbagai tafsir mimpi tentang ular ini, kita dapat mengambil hikmah dan waspada terhadap pesan yang mungkin disampaikan melalui mimpi tersebut.

Ular memanglah hewan yang cukup mengerikan. Beberapa orang percaya bahwa bermimpi ular adalah tanda datangnya petaka. Seseorang yang bermimpi ular pun diartikan akan mendapat kesialan dalam hidupnya. Hal ini juga pernah dijelaskan oleh Ustaz Khalid Basalamah alam ceramahnya.

Ia menjelaskan bahwa mimpi ular bisa menjadi tanda seseorang terkena sihir. Adapun mimpi buruk yang terus-terusan terjadi, itu berasal dari setan.

Melansir dari NU Online, ular di alam mimpi bisa diartikan sebagai musuh, merujuk pada sosok iblis yang 'menunggangi' ular saat mengelabui Nabi Adam (Syekh Ibnu Sirrin menjelaskan sejumlah tafsir mimpi berkaitan dengan ular, dalam kitab Muntakhabul Kalam fi Tafsir Ahlam (Beirut: Darul Fikr Al-Banani, 1990, h. 201-202).

Menurut Ibnu Sirrin, beberapa tafsir mimpi ular yakni misalnya bermimpi melawan serangan ular, itu artinya musuh yang menyerangnya akan dilawan orang yang mengalami mimpi tersebut.

Apabila dalam mimpi tersebut ia mampu membunuh ular, maka itu berarti ia akan menang melawan musuhnya. Jika dalam mimpinya ia hanya melihat ular dalam keadaan sudah mati maka itu berarti musuh yang hendak menyerangnya telah ditaklukkan oleh Allah sehingga keburukan yang ditujukan padanya tidak akan menimpa pada dirinya.

Arti Mimpi tentang Ular menurut Islam

Dalam pandangan Islam, mimpi tentang ular memiliki berbagai arti yang dapat membawa pesan baik maupun buruk tergantung pada konteks mimpinya. Berikut adalah beberapa penafsiran umum tentang mimpi ular menurut Islam yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pertanda Datangnya Rezeki

Menurut Islam, melihat ular dalam mimpi bisa jadi pertanda datangnya rezeki atau kekayaan yang tak terduga.

Namun, mimpi ini juga bisa menjadi peringatan akan adanya ancaman dari seseorang atau sesuatu dalam kehidupan nyata.

2. Pertanda Panjang Umur

Dalam Islam, mimpi melihat banyak ular seringkali diartikan sebagai pertanda panjang umur atau kesehatan yang baik.

3. Mendapatkan Kekayaan

Mimpi menangkap ular dipercaya membawa arti bahwa si pemimpi akan memperoleh harta atau kekayaan. Selain itu juga dapat diartikan akan mendapatkan banyak rezeki berupa materi, keberuntungan dalam hal karier, dan dalam hal kesehatan.

4. Pertanda Kemenangan

Menurut Ibnu Sirin, membunuh ular dalam mimpi adalah tanda kemenangan atas musuh atau penghalang yang ada dalam kehidupan nyata.

5. Adanya Ancaman tidak Terduga

Melihat ular kobra dalam mimpi bisa menjadi peringatan adanya ancaman yang tidak terduga, baik dari seseorang maupun situasi tertentu yang berpotensi menimbulkan masalah.

6. Mendapatkan Kebaikan

Apabila seseorang berkomunikasi dengan ular memakai bahasa halus dan lembut, artinya akan mendapatkan kebaikan yang membuat orang lain takjub.

7. Mendapatkan Keberuntungan Besar

Mimpi melihat ular besar juga menjadi sebuah pertanda baik, yakni akan mendapatkan keberuntungan besar. 

Arti Mimpi Ular menurut Primbon Jawa

Menurut Primbon Jawa, mimpi tentang ular memiliki berbagai tafsir yang dapat memberikan pertanda baik maupun buruk, tergantung pada detail mimpinya. Berikut adalah beberapa penafsiran umum tentang mimpi ular menurut Primbon Jawa:

1. Ada Seseorang yang Mencintai Anda

Jika seseorang bermimpi dikejar ular, ini biasanya diartikan sebagai pertanda bahwa ada seseorang yang mencintai atau tertarik pada si pemimpi.

2. Pertanda ada Tamu Membawa Kebaikan

Mimpi ini dianggap sebagai tanda bahwa si pemimpi akan kedatangan tamu yang membawa kebahagiaan atau kabar baik. Dalam waktu dekat, si pemimpi akan segera kedatangan seorang tamu yang menyenangkan dan membawa kabar baik.

3. Pertanda akan Mendapatkan Keuntungan Besar

Mimpi ini dianggap sebagai pertanda baik bahwa seseorang mungkin akan mendapatkan keuntungan besar, baik dari pekerjaan atau usaha.

Tafsir mimpi bertemu ular dapat memiliki makna baik maupun buruk tergantung detail mimpinya. Misalnya, jika dalam mimpinya ular itu bersikap jinak, itu bisa menjadi pertanda baik.

Dengan memahami berbagai penafsiran mimpi tentang ular ini, kita dapat mengambil hikmah dan bersikap lebih waspada terhadap pesan-pesan yang mungkin disampaikan melalui mimpi tentang ular.

Demikian informasi lengkap mengenai arti mimpi ular menurut Islam dan Primbon Jawa secara lengkap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mimpi makna mimpi islam arti mimpi ular arti mimpi ular menurut islam tidur
Editor : Restu Wahyuning Asih

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini Lainnya

    back to top To top